Sejam bersama Penatua Benny Pelupessy (dulu pelayan PA dan pengurus GP)

dear all,

dear admin,
dear sis-bro/sir-mam,

Selasa, 01 Januari 2008, Gedung Ibadah Lawanggintung (yang dipercayakan oleh PUSDIKZI -Pusat Pendidikan ZENI- Angkatan Darat – Bogor untuk dirawat & diizinkan memakai oleh GPIB Jemaat Zebaoth Bogor untuk warga di ‘selatan’ nya kota Bogor), pukul 08.00 wib, ibadah tahun baru 01 Januari 2008…

Pelayan Firman : Pdt. O.E.Ch. Wuwungan
Penanggung Jawab : Pnt. Sri Retno
Persembahan : Dkn. Nelly Losso
Warta Jemaat : Pnt. Benny Pelupessy…
Liturgos : seorang penatua lainnya.

BTW, renungan Pdt. Wuwungan pagi pertama 2008 kali ini mantap sekali, usai bertugas menjadi PF, beliau mengajak saya berbincang banyak dan lama di satu kamar atas permintaan beliau… -red). Sedikit banyak “WAWASAN” (baca : w a w a s a a n -red) ber-GPIB saya bertambah banyak lagi… seru lah..

Kembali ke Penatua Benny Pelupessy. Siapa itu Benny Pelupessy? Tidak banyak orang tahu, bahwa Benny Pelupessy ini, adalah satu dari sekian pemuda peserta ABSP (Aksi Bakti Sosial Pemuda) GPIB pertama kali. Ulangi : ABSP pertama di Indonesia. Waktu itu dilaksankaan di Lampung. Kalau yang seangkatan pasti paham. Benny Pelupessy kemudian ikut juga di ABSP berikut2nya, kalau tidak salah Bandung, Semarang, juga ikut.

Pada ABSP sangat Jadul (jaman dulu) di Lampung tersebut, dari GPIB Zebaoth Bogor memberangkatkan 5 anggota GP yakni : Budy Sunarya, Anta Rumpak, Benny Pelupessy, Haryani, satu lagi lupa… (kalau ada yang ingat, please tambahkan…).

Benny Pelupesy, dulunya juga seorang pengurus gp di zebaoth bogor. Aktif dan militan. Sebelum menjadi pengurus GP beliau menjadi pelayan PA, juga menjadi pelayan firman GP. Sebelum menjadi majelis konon menggarap database jemaat zebaoth bogor.

Usai bertugas di Kapel Lawanggintung di PEMBUKA TAHUN 2008, saya menyempatkan singgah di rumah keluarga Penatua Benny Pelupessy. Kami ngobrol ngalor ngidul. Antara nostalgia dan curhat pelayanan sudah sulit dibedakan… Saya larut dalam obrolan. Kami juga membahas hot issue yang sedang berkembang di area zebaoth, cieee…. kaya infotainment ‘aje… Seru…

Dikaruniai dua anak laki2 (Alberto dan Lewin), penatua Benny Pelupessy benar-benar mencerminkan ‘GPIB tulen’, tercermin saat bertukar pikiran dengan beliau… Beliaupun mengajukan beberapa usulan untuk memajukan BPK. Sedap banget! Nyambung!

Lelah ngalor-ngidul dan curhat pelayanan, kamipun berpisah. Entah mengapa, kami seperti memiliki kesamaan. Kami sampai pada satu kesimpulan yakni, membiasakan diri aktif di BPK sejak muda, membawa dampak besar di kemudian hari.. Pnt. Benny Pelupessy akan membantu memikirkan berbagai terobosan2 di BPK Zebaoth Bogor… (terima kasih ya…)

Pelajaran : jadikan BPK sebagai ajang ‘menggodok’ warga. Setelah matang, percayalah, akan menjadi “pemimpin jemaat” yang handal.. Menjadi ‘presbuteros’ yang siap terjun ke medan pelayanan. Kentara sekali, mereka yang masa mudanya ‘setengah’ hati dalam ber-BPK GPIB, maka saat menjadi presbuteros, cepat lunglai… cepat amblas… blas.. blas.. blaaaassss… Seperti gak tahu mau buat apa, seperti gak tahu mau kemana, bingung…

Memang tidak semua harus melalui BPK, tetapi fakta menunjukkan, kalau lewat BPK, pasti hasilnya di atas rata-rata lah.. Hitung2 kasar, saat ini dari 159 presbiter gpib zebaoth bogor, andai 50% mengenyam PENDIDIKAN di ‘Kampus’ BPK GPIB… Dijamin, gak cape kalau berbincang dengan ‘yang pernah’ ber-BPK. Setidaknya beberapa MKDU (mata kuliah dasar umum) BPK GPIB benar2 membekali warga, semisal :
– Disiplin ==> Time Management
– Public Speaking ==> Berani tampil di muka umum
– Rapih dan ramah berorganisasi
– Militansi..
– Kejujuran..
– Ketulusan..
– Tanpa Pamrih..
– Siap tempur di segala medan..

Sebelum pisah, Pnt. Benny Pelupessy, berjanji walau sudah menjadi presbiter, hatinya tetap ingin ‘merawat’ BPK… Mantaaaaaaaaaaaaabbbbb meeennnn….

Yang mau kenalan dengan Pnt. Benny, silakan buka attachment. Bagi yang gak bisa, yo wis… selamat menghayal yaa.. seperti apa wajah Pnt. Benny Pelupessy itu… Hehe..

saran : kalo mau lihat kiriman foto2, silakan mendaftar di milis fotokita@yahoogroups.com, mudah saja : kirim email kosong ke : fotokita-subscribe@yahoogroups.com.

BTW, saya dapat sms bagus terkait natal dan tahun baru. Buat saya sih dalem artinya. Entah yang lain. Nih ya : “tuliskan rencanamu di Tahun 2008 dengan pensil, lalu berikan penghapusnya pada Yesus, biarkan Yesus yang mengecek, menghapus, & mengganti sesuai dengan rencana-Nya”

Untuk yang mengirim, kalau tidak terbalas, melalui milis ini saya haturkan terima kasih. You know lhaa…. Haiya!!

selamat natal 2007,
selamat tahun baru 2008,
or

OR and BP

or-dan-bp.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s