Terima kasih banyak masukannya (eric, ferry, leo, hennie, john, nazarius, agus, victor, maxi)

dear all,
dear admin,
dear sis-bro/sir-mam,
terima kasih untuk semua masukkan yang saya terima berkenaan dengan email saya terdahulu yang menanyakan :
“apa jawaban kita bila ada orang bertanya, mana yang benar Alkitab = Firman Tuhan atau Alkitab berisi Firman Tuhan”
selain masukan dari sis-bro/sir-mam sekalian, saya juga baca kiri kanan, tanya kiri kanan, yang saya tanya mulai dari orang yang paling awam (beneran nih, yang paling e’ o’ lah..) hingga yang saya anggap top deh soal2 beginian, saya sampai pada sebuah kesimpulan :
– ternyata jumlah orang yang berpendapat bahwa Alkitab = Firman Tuhan, dan Alkitab berisi Firman Tuhan, 50% – 50% (fifty fifty gitu lochhh…)
– ternyata, keduanya punya alasan masing-masing, keduanya punya hal positif dan negatif tergantung bagaimana kita memandang
– ternyata, ada lagi sebuah pendapat yakni : Alkitab menjadi Firman Tuhan pada saat dibaca dan berbicara pada si pembaca, kalau tidak dibaca dan tidak berbicara pada yang membaca, Alkitab hanyalah sebuah buku, benda mati.
– ternyata, tiap orang punya argumentasi sendiri2 dengan menyodorkan ayat-ayat alkitab
– ada yang argumentasinya panjang lebar dalam, ada yang hanya seliwat seperti menjawab : “sori gw mo ke pasar… menurut gw dua2nya bener…”
– ternyata ada yang punya pendapat lain dari lain, lebih nakal, seronok, suka2, malas membicarakan hal ini karena tidak terlalu peduli (yang penting dibenaknya adalah berbuat baik dan benar menurut kaidah2/norma2 yang berlaku..)
– ternyata ada yang penasaran ingin tahu apa sebenarnya pendapat saya pribadi hingga terus2 mengejar dan ingin mencari tahu, yang ini bener2 seru nih…
– ternyata ada yang rajin baca Alkitab terlepas menurut orang itu adalah Firman Tuhan, atau berisi Firman Tuhan

– ternyata ada yang baca Alkitab kalo lagi perlu aja, dan kalo lagi inget, pokoknya jawabannya seru lah, dan saya bukan dalam posisi harus menasihati agar rajin membaca…

Saya pribadi berpendapat : Alkitab lebih mengarah pada sebuah MISTERI yang hanya Allah sendiri yang tahu mengapa Alkitab itu ada hingga saat ini setelah melalui perjalanan panjang peradaban manusia di muka bumi sejak ‘ke-dahulu-an’ hingga ‘ke-kini-an’ bahkan ‘ke-akan-an’

kalau rekan2 sendiri? punya pendapat lain?

– Kita sepakat dong untuk tidak harus sepakat dalam satu hal…
– Kita boleh beda kan memahami sesuatu sejauh ada yang sama yakni : Iman kepada Yesus Kristus yang menurut saya 100% Allah dan 100% Manusia (itu yang saya baca di Buku Seri Selamat karangan Pdt. Andar Ismail yang menurut saya cocok gaya penulisannya untuk orang awam macam presbiter awam ini…)
BTW, terima kasih untuk mereka2 yang sudah merespon : (nama2 di bawah ini  tanpa jabatan gerejawi, tanpa gelar, tanpa asal jemaat/lembaga, tidak alfabet, bukannya apa2 takut salah ketik/sebut, maklumlah… saya rada lemot nih..)
Terima kasih ya yth dan/atau ytksh sis-bro/sir-mam :
– Eric Assa
– Ferry Tumurang

– Hennie Wattimena
– Leo Siregar

– John Titaley

– Nazarius Rumpak
– Agustinus Harimukti
– Victor Riwu Kaho
– Maxi Oruh
– masih ada 3-4 orang lagi, tapi lupa euy… suerrr…..
kalau ada yang sudah merespon tetapi lupa saya sebutkan, mohon dimaafkan, dan terima kasih sekali lagi..
info saja : saya benar2 butuh masukan ini karena saat ini saya sedang berhadapan dengan 2 kelompok yang keduanya bertahan bahwa yang paling benar adalah pendapatanya :
– kelompok 1 menyatakan Alkitab = Firman Tuhan
– kelompok 2 menyatakan Alkitab berisi Firman Tuhan
kalau sis-bro/sir-mam di posisi saya?
what will you do?
hmmmhh…,
or

Leave a Reply

