Kali ini giliran HKBP Mampang Prapatan DKI serius menggumuli KHA

dear all,
dear admin,
dear sis-bro/sir-mam,
Sabtu, 10 November 2007 (bertepatan dengan hari Pahlawan di Indonesia tercinta), Ruang Sekolah Minggu Anak TK milik HKBP Mampang Prapatan DKI, Pembinaan Guru Sekolah Minggu, 13.00-18.00 wib.
Hadir :
– Guru Sekolah Minggu HKBP Mampang Prapatan DKI (di HKBP masih menggunakan istilah Guru Sekolah Minggu)
– Pengurus Sekolah Minggu HKBP Mampang Prapatan DKI
– Satu orang Sintua (presbiter)
Untuk kesekian kalinya memasuki halaman HKBP Mampang Prapatan, ada kesan bahwa jemaat ini berisi orang ‘wow’ dengan berbagai kelebihan yang dimiliki. Empat kali berproses dengan guru sekolah minggu di sini dalam event berbagai-bagai ada kesan tersendiri. Mereka menyambut dengan tangan terbuka, mereka ingin belajar dari GPIB (padahal pengetahuan saya tentang GPIB gak dalem2 amat, modal rajin baca doang… -red).
Pertama kali jumpa mereka di Mampang, kedua : di panti asuhan belanda di bilangan Pondok Gede DKI, ketiga : di Ancol dalam suatu ibadah padang, dan terakhir : ya siang sore ini. Entah mengapa, walau jemaat ini termasuk “the have” tetapi kerendahan hati sangat nampak dari perilaku jemaatnya. Senang bergaul dengan guru sekolah minggu di sini.
Perjumpaan kali ini, mereka minta diberi contoh bagaimana mengemas suatu “ibadah kreatif” untuk berbagai usia anak layan. Saya berikan semampunya, yang intinya : asal mau kerja keras pasti bisa. Kalo males2 yaa… gitu deh… hasilnya buat orang yang hadir akan males2 juga…
FYI, di Manado kemarin, seluruh peserta KONAS & P3A diasah tentang Ibadah Sekolah Minggu referensi MEBIG. Apa itu MEBIG? Adalah : Memory Bible Game. Produk asli dari seorang dokter di gereja airin saporo jepang (entah itu denominasi apa -red). Usai pemaparan MEBIG saya mengusulkan pada fasilitator MEBIG di Manado tersebut agar kepada calon pengguna diberi keleluasaan mengganti lagu dengan muatan lokal. Pernah hadir juga sih saat diadakan di Senayan Jakarta.
Karena di GPIB sedang gencar Kidung Ceria, sayapun mengusulkan Kidung Ceria. Mereka ok. Andai tidakpun, saya akan tetap coba mengawinkan Kidung Ceria dengan MEBIG. Nah, di HKBP Mampang ini saya selaraskan Kisah Nabi Nuh dengan Kidung Ceria No. 144, dan dengan beberapa aktifitas “jenaka”, hasilnya… woakakaka… Apalagi saat belajar gerakannya, woakakaka…. pake goyang segala. Hal mana yang dianjur oleh MEBIG untuk berani ‘gerak’.
Jauh hari sebelum jumpa dengan teman2 di HKBP Mampang, saya sudah jelaskan apa itu Kurikulum Sekolah Minggu Bermuatan Konvensi Hak Anak (KSM-BKHA) yang beberapa waktu dirilis by milis berbagai-bagai. Mereka mau mencoba, karena mereka juga merasa bagian dari 6 miliard penduduk dunia (seperti sering diucap Dian Sastro di Metro TV saat menjelaskan MDG’s -red).
Singkat kata, usai mendemonstrasikan ibadah kreatif, kali ini giliran mereka yang ‘bergerak’. Saya bekali buku KSM-BKHA. Mereka mencoba. Hasilnya, wow!! Kali ini (karena waktu), mereka mencoba mempraktekkan butir ‘hak tumbuh kembang’ dan ‘hak memiliki pandangan’. Mereka berupaya keras untuk itu. Acung jempol! They did it. Mereka berjanji mempraktekkan yang enam lainnya. Apa itu? Silakan buka2 archive yahoogroups. Bingung? Japri aje kali yee…
Pelajaran : Kalau salah satu HKBP dari sekitar 3000-an HKBP (klik : http://www.hkbpchurch.org/) berkenan belajar dan mau berguru pada GPIB, marilah kita saling belajar dan berbagi satu dengan yang lain sesama GPIB dengan niatan tulus dan jujur of course, ibarat gereja mula2..
Actually, saya dapat banyak dari teman2 HKBP Mampang. Mereka bukan ‘gak bisa-bisa amat’, tetapi mereka mau belajar keras dan mencari hal-hal baru, kebetulan ada, kenapa enggak berbagi. So, saya dapat dari mereka, dan mereka dapat dari saya.
Lagi-lagi, ternyata kalau mau dapat banyak ilmu, bertukarlah banyak. Pecahkan tempurung, lihatlah dunia. Sesimple apapun, tetap bermanfaat. Problemnya sekarang, maukah kita hadir di tempat pertukaran?
Nah, kalau besok2 ada acara ‘pertukaran’, entah antar sektor di satu jemaat, atau antar jemaat di satu mupel, atau seluruh jemaat dalam satu kegiatan sinodal, hadirlah di ajang pertukaran tersebut, hindari mengeluh ini itu, bercakaplah pada ‘pemimpin jemaat’, cari solusi, lalu bertukarlah banyak di tempat pertukaran, yakinlah, pasti dapat banyak…
Foto menyusul… Yang sudah join di milis fotokita@yahoogroups.com pasti bisa melihat… Yang belum… sik asik aje coy… ye gak?

HKBP-mu..
HKBP-ku juga…
aku gereja, kaupun gereja, kita sama-sama gereja…

selamat bertukar,
or

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s