Contoh Konkrit Presbiterial Sinodal di PKR 2007

dear all,
dear admin,
dear sis-bro/sir-mam,
numpang cerita PKR lagi yaa…
PKR 2007 sudah berlalu, membekas, tak terlupa sampai akhir hayat…
Sebenarnya ingin cerita lengkap. Apa daya, baru bisa “serial” seperti ini. Anggap aja kali ini seri tentang Presbiterial Sinodal di PKR, melanjutkan seri-seri sebelum ini.
Di satu materi bina kemarin2 dan seperti yang sudah sering didengar istilah Presbiterial Sinodal kemana GPIB menata kelembagaannya. Berasal dari Presbuteros Sun Hodos (tua-tua berjalan bersama) terkait kisah ‘perjalanan Emaus’, sampai pada satu titik : Majelis Sinode dan Majelis Jemaat berjalan bersama. Begitu pemahaman saya.. Susah senang bersama. Mungkin sesekali main UNO bersama. Hehehe…
Di PKR wawasan bertambah, beberapa gereja yang ber-presbiterial sinodal adalah : GMIM, GKP dan lain-lain. Senang berbincang dengan mereka. Kalau rajin browsing akan ketemu GPM, Gereja Kristus, Gereja Toraja pun sama dengan latar berbeda..
Dalam perenungan, sebenarnya di PKR dari kacamata GPIB terjadi penjabaran Presbiterial Sinodal itu, yakni : utusan GPIB yang hadir di PKR tidak hanya utusan Majelis Sinode GPIB tetapi juga utusan Majelis Jemaat GPIB. Dan keduanya punya hak yang sama selama 4 hari 3 malam. Teruna dan pendamping sama dari manapun mereka, benar2 berdoa dan berkreasi bersama…
Panitia yang warga GPIB pun tidak melulu dari Majelis Sinode GPIB cq. Dewan PT, tetapi bertaburan Pengurus dan/atau Pelayan PT bahkan bukan keduanya..
Donatur yang ada pun tidak melulu Majelis Sinode GPIB (saya tahu persis, ada beberapa personil Majelis Sinode GPIB yang bahu membahu membantu, terima kasih banyak untuk itu, jujur dan tulus… -red) tetapi juga dari Majelis Jemaat GPIB (person and/or lembaga), terima kasih juga “teramat sangat” untuk partisipasinya..
So far so good…
Kerja bareng, senyum bareng, keringetan bareng, terbahak bareng, foto bareng, tidur di rumput bareng, mandi antri bareng. Gak ada tuh istilah satu senang-senang, satu ongkang-ongkang kaki. Satu tidur di rumput, satu tidur di bintang lima. Euweuh!!
Di foto-foto yang saya attach, kalau hafal dan jeli, di sana nampak “kebersamaan” itu. Nampak ‘sun hodos’ itu :

– Teruna GPIB

– Majelis Sinode GPIB
– Majelis Jemaat GPIB
– Dewan PT
– Pengurus PT
– Pelayan PT

– Unsur Mupel GPIB

– Anggota BPK lainnya (ada semua… GP, PW, PKB, bahkan lansia), dan unsur PKFP
– GPIB yang diutus PGIW
– bukan salah satu di atas, tetapi berhati GPIB
dan seorang pelayan PA,
or
okta rumpak
orang awam dari gpib zebaoth bogor
“Be Creative Like Jesus”
0816 184-5724, rumpaks@…
mengagumi : wyatt scheme

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s