Kali ini kembali Bro Vicky Riwu Kaho (Bukit Moria DKI) angkat bicara

dear all,
dear admin,
dear sis-bro/sir-mam,
Mari melihat pendapat seorang ketua PT militan dari GPIB Bukit Moria DKI dari milis pagpib, pemikirannya tajam, apalagi kalau berbicara langsung. Gak bosenin… Selalu mencerahkan… Kapan kita ngobrol2 lagi ya Bro…
Sebuah analisa menarik dari Bro Vicky Riwu Kaho…
Bro VQ, menjadi orang awam itu susah2 gampang.. tapi saya memilih yang gampang saja… ribet mikirin yang susah2… gak nyampe otak saya… maklumlah…
or
orang awam dari gpib zebaoth bogor

—– Forwarded Message —-
From: WIMConsult <wimconsult@…>
To: pagpib@yahoogroups.com
Sent: Friday, October 19, 2007 1:26:48 PM
Subject: Re: [ PA GPIB ] Fwd: [ G P I B ] Sumber Lain tentang penatua & diaken ==> info dari Kak Ronie

Om Okta, Syallom.

Saya malah tertarik mengomentari pendapat Pdt Noke yg kebawa dlm e-mail ini.

Sy kira Pdt Noke musti jelaskan lbh rinci mengenai statement Pendeta, Diaken, dan Penatua adalah pilihan Gereja, bukan pilihan Yesus.

Krn sy kuatir bisa salah persepsi lalu tdk menghargai jabatan2 tersebut dlm gereja akibat ketiadaan legitimasi ilahi, mentang-mentang bukan dipilih langsung oleh Yesus.

Gereja Katolik mengklaim Petrus adalah Paus Pertama yg dipilih langsung oleh Yesus (Mat 16:18). Apa dipilih lgsg oleh Yesus ini lbh afdol ketimbang cuma pilihan gereja? Kalo gereja mengklaim bhw gereja memilih Pendeta, Penatua, dan Diaken dg wibawa Yesus, lalu bisa kita anggap setara dg pilihan langsung oleh Yesus? Bagaimana dg Matias, Paulus, Barnabas, Apolos dan lain-lain yg tdk dipilih langsung oleh Yesus?

Sy setuju jk Pendeta, Penatua, Diaken, dan para Pengajar IMPA/PT adalah sama2 Pelayan Kristus. Tp sy malah tdk melihat gereja memperlakukan Pengajar IMPA/PT lbh rendah ketimbang Pendeta, Penatua, Diaken. Ada bbrp fakta: Pertama, pemilihan Pengajar IMPA/PT lbh mirip dg Pemilihan thd Paulus, jd tdk pake motode aneh2 dan penuh rekayasa “politicking” serta menghabiskan banyak biaya dan sumberdaya lain. Kedua, Pengajar IMPA/PT tdk mengenal periode 5 tahunan kayak Penatua dan Diaken. Ketiga, Pengajar IMPA/PT bisa seenaknya melaksanakan tugas krn tdk diikat dg berbagai birokrasi aturan gereja, sbgmn perlakuan gereja thd Pendeta, Penatua, dan Diaken. Keempat, Pengajar IMPA/PT tdk ikut2an bikin berdosa diri dg berbagai keputusan gereja yg terkadang aneh bin ajaib. Kelima, Pengajar IMPA/PT seringkali dijadikan korban oleh Pendeta, Penatua, Diaken, persis spt kelakuan Imam Yahudi dan para Ahli Taurat kpd Yesus.

Rasanya msh byk lg fakta yg menunjukkan bhw posisi Pengajar IMPA/PT justru lbh mirip posisi Yesus dan para muridNya. So, kenapa kita harus repot2 cari akal bertheologi hanya sekedar agar Pengajar IMPA/PT mendapat penghormatan lebih dr gereja? Saya jd ingat sabda Yesus di Yohanes 5:41 “Aku tidak memerlukan hormat dr manusia”.

Terakhir, sy jg org awam kayak Om Okta, jd bukan Penatua, Diaken, apalagi Pendeta.

Salam kasih,
Victor Riwu Kaho
Bukit Moria

—– Original Message —–
From: okta rumpak
To: Pelayanan Anak Milis GPIB ; Persekutuan Teruna Milis GPIB ; Gerakan Pemuda Milis GPIB ; Milis GPIB Mupel Kaltim ; Mupel Jakarta Barat Milis GPIB ; Mupel Jatim Milis GPIB ; GP Jabar 2 Milis GPIB ; Milis GPIB Milis GP Maranatha Denpasar ; GP Zebaoth Milis GPIB ; halo apa kabar Milis GPIB ; prodoapatungsudirma n@yahoogroups. com ; Sammy Kaihatu ; fotokita@yahoogroup s.com
Sent: Thursday, October 18, 2007 5:18 PM
Subject: [ PA GPIB ] Fwd: [ G P I B ] Sumber Lain tentang penatua & diaken ==> info dari Kak Ronie

dear all,

meneruskan dari milis gpib dari kak ronie (Kharisma DKI), presbiter yang tetap setia mendampingi pelayan pa dan pelayan pt dan juga bpk lainnya…

terima kasih kak ronie,
or

“Tomasouw, Izak-H” <Izak-h.Tomasouw@ BAKERNET. com> wrote:
To: <gpib@yahoogroups. com>
From: “Tomasouw, Izak-H” <Izak-h.Tomasouw@ BAKERNET. com>
Date: Thu, 18 Oct 2007 16:59:57 +0700
Subject: [ G P I B ] Sumber Lain Tentang tentang penatua & diaken

Syalom,

Teman-teman apabila punya waktu yang cukup bisa search juga di Internet
tentang penatua dan diaken.
Saya biasa pakai Google dan search dengan kata kunci “elders”, “deacon”,
“penatua”, “diaken”, “penatua vs diaken”, dll.

Ronny
Kharisma – JAKSEL

____________ _________ _________ __

From: gpib@yahoogroups. com [mailto:gpib@yahoogroups. com] On Behalf Of
arie ihalauw
Sent: Thursday, October 18, 2007 11:16 AM
To: gpib@yahoogroups. com
Cc: Pelayanan Anak Milis GPIB; Persekutuan Teruna Milis GPIB; Gerakan
Pemuda Milis GPIB; Milis GPIB Mupel Kaltim; Mupel Jakarta Barat Milis
GPIB; Mupel Jatim Milis GPIB; GP Jabar 2 Milis GPIB; Milis GPIB Milis GP
Maranatha Denpasar; GP Zebaoth Milis GPIB; halo apa kabar Milis GPIB;
prodoapatungsudirma n@yahoogroups. com; Sammy Kaihatu;
fotokita@yahoogroup s.com
Subject: Re: [ G P I B ] buku tentang penatua & buku tentang diaken

Bung Okta !

Sedikit saja catatan saya tentang buku tersebut, seperti yang saya
kemukakan terhadap Penulis yang membesarkan saya semasa kuliah.
Kelemahan buku tersebut adalah : Bapa Nani tidak menjelaskan, apakah
menjadi Presbiter itu adalah PANGGILAN TUHAN YESUS ataukah JABATAN yang
diberikan Gereja (Panggilan Institusi, sebutlah dalam idiom modern :
REKRUTMEN TENAGA KERJA).

Buku itu membutuhkan penjelasan baru yang lebih aktual, sebab ada
kecenderungan di kalangan PENATUA dan DIAKEN yan berpikir Jabatan itu
didasarkan atas panggilan Yesus. padahal di dalam Kitab-Kitab Injil
Sinptis maupun Injil Yohanes tidak pernah Yesus memanggil orang menjadi
PENATUA atau DIAKEN dan atau PENDETA.

Yang pasti Yesus memanggil orang menjadi PELAYAN. Hal ini harus
ditekankan, agar pemahaman Pendeta, Penatua dan Diaken menjadi SANGAT
EKLUSIF. Padahal FUNGSI PELAYAN lebih penting dari pada JABATAN.
Pemahaman seperti ini membuka penghormatan kepada Guru Sekolah Minggu
dan PT juga memiliki status sama, sekalipun berbeda dalam kepejabatan.

Itulah kelemahan buku tersebut.

Noke Ihalauw

okta rumpak <rumpaks@yahoo. com <mailto:rumpaks% 40yahoo.com> > wrote:
dear all,
dear admin,
dear sis-bro/sir- mam,

meneruskan dan merespon email dari milis gpib bersubjek awal :
“Peneguhan Presbiter & PHMJ baru di Bukit Sion Balikpapan”

pertama-tama, izinkan menghaturkan selamat untuk presbiter gpib jemaat
bukit sion balikpapan.. selamat melayani..

– salam kenal bagi yang belum kenal,
– salam kompak bagi yang sudah kenal,

kalau ada yang masih baru banget jadi presbiter.. saran aja, coba deh
baca buku berjudul :
– PENATUA Jabatan dan Pekerjaannya karangan Dr. J.L. Ch. Abineno
– DIAKEN karangan Dr. J.L. Ch. Abineno

keduanya bagus, saya beli buku itu tahun 1992 tahun lalu, saat di Dewan
PA, waktu itu penasaran aja pengen tahu apa sih presbiter itu, keduanya
sudah tamat, tetapi sekarang perlu baca2 lagi…

– kalau yang kepilih jadi penatua, bacalah dengan seksama tugas
diaken…
– kalau yang kepilih jadi diaken, bacalah dengan seksama tugas
penatua…

tukeran gitu lho…
asik aja kalo TST = tahu sama tahu..

Buku yang saya miliki :
– PENATUA ==> cetakan pertama, tahun 1992, terbitan BPK Gunung Mulia..
– DIAKEN ==> cetakan pertama, tahun 1993, terbitan BPK Gunung Mulia..

hal yang paling saya suka saat membaca kedua buku tersebut di atas :
1. ternyata menjadi penatua atau diaken itu kudu PANJANG AKAL (baca :
kreatif)… (like Jesus of course -red)
2. ternyata jadi presbiter itu sesegera mungkin kudu bikin warga layan
jadi pinter, jangan kita yang pinter sendiri, jangan kita yang jago
sendiri (saya suka sekali bagian ini, entah kenapa, mungkin karena
naluri pelayan pa kali yee….)
3. ternyata ada istilah penatua skriba, kalo saya gak salah itu mirip2
PHMJ ==> buseeeeettt. .. seru juga yaa…
4. dll..

perhatikan dengan seksama cover buku tentang PENATUA, perhatikan
gambarnya.. bagi yg sudah baca, apa coba kira2 arti gambar pada cover
tersebut…

bagi yang berminat memiliki kedua buku, tetapi bingung mau beli di mana
karena jauh dari BPK Gunung Mulia, saya bisa bantu, japri aja ==>
rumpaks@yahoo. com <mailto:rumpaks% 40yahoo.com> tar saya jelaskan detail
langkah berikutnya.. .

– kalo bukunya masih ada, saya akan belikan langsung di BPK Gunung Mulia
Jakarta, lalu kirim..
– kalo tidak ada lagi, apa boleh buat….

salam hangat,
selamat cari akal,

or

agus wangkay <agus_wangkay@ yahoo.com <mailto:agus_ wangkay%40yahoo. com> >
wrote:
sekilas info :

Syaloom semua,

Minggu 14 Oktober 2007, ditengah semarak hilir mudik orang
bersilahturami di masa raya idul fitri, tepat jam 09.00 di gereja
GPIB Bukit Sion Balikpapan dilangsungkan peneguhan Penatua-Diaken
untuk masa layan 2007-2012 yang berdasar pada Surat Keputusan MS GPIB
yang ditanda-tangani oleh Ketua 2 dan Sekretaris 2…. (terima kasih ya
pak John dan bung Johan)

Ada 128 orang presbiter yang mengikrakan jawaban ‘Ya Dengan Segenap
Hatiku” ketika PF menanyakan apakah jawabmu….

Selesai Ibadah dilanjutkan dengan jamuan makan siang bersama dan
langsung dilaksanakan Sidang Pleno Majelis Jemaat untuk evaluasi
triwulan kedua dan dilanjutkan penetapan PPMJ hasil relevansi yang telah
menyesuaikan dengan Juklak MS hasil PST Batam, dan diakhiri dengan
pemilihan PHMJ periode 2007 – 2010 dengan hasil sbb :

Ketua I : Penatua Untung Prasetyo Nugroho
Ketua II : Penatua Wuri Sumapouw, S.H.
Ketua III : Penatua Ny. Marce Rorong – Pandi, S.Pd.
Ketua IV : Diaken Robert H. Sibarani
Sekretaris : Penatua Ny. Joys Watung
Sekretaris I : Penatua Ny. Damiyanti Mantik – Nikae, S.Pd.
Sekretaris II : Penatua Ny. Lilik Aritonang – Simanjuntak
Bendahara : Penatua Jack Haba
Bendahara I : Penatua Mario Pandeiroth

Sidang ini berakhir pukul 20.00 wita….. (keluar rumah jam 8 pagi…
kembali ke rumah sampe jam 20.30 wita… gileeee beneeeerrr)

Mohon dukungan kita sekalian agar mereka dimampukan untuk melaksanakan
tugas panggilan dan pengetusan yang telah Tuhan Yesus percayakan kepada
mereka.

Demikian sekilas info….

~~~~~~~~~~~~ ~~~~~~~
Agus Wangkay
Presbiter GPIB di Jemaat “Bukit Sion” Balikpapan – Mupel Kaltim 1

Please kindly visit Web-blog:
Bakal Jemaat GPIB “BUKIT BENUAS” Balikpapan
http://bukitbenuas. blogspot. com/ <http://bukitbenuas. blogspot. com/>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s