Author Archives: fotokita

Seragam PW paling unik di Pos Pelkes Imanuel Pengancing ==> KREATIF!!!! Heybaaaaaaaaattttttt

dear all,
dear admin,
dear sis-bro/sir-mam,
Rabu, 21 November 2007, Gedung Serbaguna 1 GPIB Jemaat Zebaoth Bogor, presentasi masing-masing peserta pelatihan UP2M (program sinodal), kira2 sore hari..
Hari ini hadir Sekretaris 2 Majelis Sinode GPIB : Pnt. Johan Tumanduk, duduk ditemani Ketua MJ GPIB Zebaoth Bogor : Pdt. C. Wairata.
Sejak pagi hari, saya mendengar semua paparan dari peserta yang formatnya mirip semisal :
- Keadaan Umum Lokasi Pelkes
- Monografi Desa
- Kondisi Mata Pencaharian Jemaat
- Pengembangan Usaha Pedesaan
- Langkah2 yang telah dilaksanakan
- Permasalahan
- Terobosan2
- Evaluasi
Satu demi satu saya ikuti, hari ini yang saya amati adalah :
- Pdt. Samuel Kaha
- Pdt. Domidoyo
- Pdt. Ronald Rampala
- Pdt. Roberto Wagey
- Pdt. Nelce Alelo
- Pdt. Monika Molle
- Pdt. Marseline Rezok
Semua ok. Semua benar2 menantang. Dalam kacamata iman, memperhatikan para pendeta ini presentasi, saya seperti melihat jiwa kepemimpinan Kristus benar2 nampak dan mendarah daging berjalan sebagaimana mestinya di pos pelkes masing-masing. Saya benar2 berdecak kagum usai seorang pendeta melakukan presentasi. Ketulusan, kejujuran nampak sekali…
Tiba pada giliran pendeta Ronald Rampala yang melayani di Pos Pelkes Immanuel Pengancing, GPIB Jemaat Tumbang Titi, Ketapang-Kalimantan Barat. Semua warga Zebaoth tahu bahwa istri pendeta Ronald adalah warga sektor 26 GPIB Jemaat Zebaoth Bogor. Jadi pelatihan kali ini benar2 durian jatuh bagi pendeta Ronald… Hehe.. Sang istri bekerja di salah satu Bank Swasta Papan Atas… (mohon ingat2 ya kalimat terakhir ini, bank swasta papan atas..)
Saya ikuti betul slide demi slide yang disampaikan pendeta Ronald, pendeta imut tinggi besar, asli baby face.. Pasti oleh warga jemaat benar2 “dirawat” pendeta yang satu ini. Hehehehe..
Saya kaget bukan kepalang saat melihat sebuah slide yang memperlihatkan ibu-ibu PW ber-paduan suara menggunakan seragam bukan UNGU.. Saya benar2 terpana… saya merasa tidak aneh dengan seragam itu, tapi kok bisa ada di TENGAH DESA yang menurut pendeta Ronald “tidak ada sinyal”. Ke kota kabupaten harus berpeluh dan siap berdebu. Kalau hujan siap banjir sampai sedada, minimal sepaha.
Pendeta Ronald kini mengerti banyak tentang MOTOR dan permesinannya. Ada istilah di pos pelkes Pendeta Ronald yakni, motor yang dipakai oleh orang kadang2 berbalik peran, motor memakai orang. Paham? Terkadang orang harus memanggul motor sekian kilometer bila terjadi kerusakan pada mesin motor…
Dari percakapan dengan beliau, warga jemaat teramat sangat mencintai pendeta Ronald. Dan satu lagi, pendeta Ronald rajin mengajar anak layan di sana ber paduan suara dengan baik dan benar, ulangi : baik dan benar, bukan teriak asal2an..
Two thumbs up for you Sir/Bro… I mean it…
Di akhir presentasi pendeta Ronald, entah mengapa ada cairan hangat di sekitar mata saya, untuk gak netes…
Penasaran? Ingin tahu seperti apa seragam paduan suara PW di Pos Pelkes Immanuel Pengancing, GPIB Jemaat Ichtus Tumbang Titi, Ketapang-Kalimantan Barat? Amati betul yaa.. ulangi : amati betul..
yang belum daftar juga di milis fotokita@yahoogroups.com, yo wis… menghayal aja.. hehe…
siap merenung?
siap terbahak?
siap berteriak salut!!
saya memilih tiga2nya,

or

cw dan jt

CW and JT

kiri pastori – kanan gedung gereja

kiri pastori - kanan gedung gereja

OR and RR

OR and RR

pw immanuel pengancing

pw immanuel pengancing

RR

Ronald Rampala

RR at presentasi

RR at presentasi

Terima kasih banyak masukannya (eric, ferry, leo, hennie, john, nazarius, agus, victor, maxi)

dear all,
dear admin,
dear sis-bro/sir-mam,
terima kasih untuk semua masukkan yang saya terima berkenaan dengan email saya terdahulu yang menanyakan :
“apa jawaban kita bila ada orang bertanya, mana yang benar Alkitab = Firman Tuhan atau Alkitab berisi Firman Tuhan”
selain masukan dari sis-bro/sir-mam sekalian, saya juga baca kiri kanan, tanya kiri kanan, yang saya tanya mulai dari orang yang paling awam (beneran nih, yang paling e’ o’ lah..) hingga yang saya anggap top deh soal2 beginian, saya sampai pada sebuah kesimpulan :
- ternyata jumlah orang yang berpendapat bahwa Alkitab = Firman Tuhan, dan Alkitab berisi Firman Tuhan, 50% – 50% (fifty fifty gitu lochhh…)
- ternyata, keduanya punya alasan masing-masing, keduanya punya hal positif dan negatif tergantung bagaimana kita memandang
- ternyata, ada lagi sebuah pendapat yakni : Alkitab menjadi Firman Tuhan pada saat dibaca dan berbicara pada si pembaca, kalau tidak dibaca dan tidak berbicara pada yang membaca, Alkitab hanyalah sebuah buku, benda mati.
- ternyata, tiap orang punya argumentasi sendiri2 dengan menyodorkan ayat-ayat alkitab
- ada yang argumentasinya panjang lebar dalam, ada yang hanya seliwat seperti menjawab : “sori gw mo ke pasar… menurut gw dua2nya bener…”
- ternyata ada yang punya pendapat lain dari lain, lebih nakal, seronok, suka2, malas membicarakan hal ini karena tidak terlalu peduli (yang penting dibenaknya adalah berbuat baik dan benar menurut kaidah2/norma2 yang berlaku..)
- ternyata ada yang penasaran ingin tahu apa sebenarnya pendapat saya pribadi hingga terus2 mengejar dan ingin mencari tahu, yang ini bener2 seru nih…
- ternyata ada yang rajin baca Alkitab terlepas menurut orang itu adalah Firman Tuhan, atau berisi Firman Tuhan

- ternyata ada yang baca Alkitab kalo lagi perlu aja, dan kalo lagi inget, pokoknya jawabannya seru lah, dan saya bukan dalam posisi harus menasihati agar rajin membaca…

Saya pribadi berpendapat : Alkitab lebih mengarah pada sebuah MISTERI yang hanya Allah sendiri yang tahu mengapa Alkitab itu ada hingga saat ini setelah melalui perjalanan panjang peradaban manusia di muka bumi sejak ‘ke-dahulu-an’ hingga ‘ke-kini-an’ bahkan ‘ke-akan-an’

kalau rekan2 sendiri? punya pendapat lain?

- Kita sepakat dong untuk tidak harus sepakat dalam satu hal…
- Kita boleh beda kan memahami sesuatu sejauh ada yang sama yakni : Iman kepada Yesus Kristus yang menurut saya 100% Allah dan 100% Manusia (itu yang saya baca di Buku Seri Selamat karangan Pdt. Andar Ismail yang menurut saya cocok gaya penulisannya untuk orang awam macam presbiter awam ini…)
BTW, terima kasih untuk mereka2 yang sudah merespon : (nama2 di bawah ini  tanpa jabatan gerejawi, tanpa gelar, tanpa asal jemaat/lembaga, tidak alfabet, bukannya apa2 takut salah ketik/sebut, maklumlah… saya rada lemot nih..)
Terima kasih ya yth dan/atau ytksh sis-bro/sir-mam :
- Eric Assa
- Ferry Tumurang

- Hennie Wattimena
- Leo Siregar

- John Titaley

- Nazarius Rumpak
- Agustinus Harimukti
- Victor Riwu Kaho
- Maxi Oruh
- masih ada 3-4 orang lagi, tapi lupa euy… suerrr…..
kalau ada yang sudah merespon tetapi lupa saya sebutkan, mohon dimaafkan, dan terima kasih sekali lagi..
info saja : saya benar2 butuh masukan ini karena saat ini saya sedang berhadapan dengan 2 kelompok yang keduanya bertahan bahwa yang paling benar adalah pendapatanya :
- kelompok 1 menyatakan Alkitab = Firman Tuhan
- kelompok 2 menyatakan Alkitab berisi Firman Tuhan
kalau sis-bro/sir-mam di posisi saya?
what will you do?
hmmmhh…,
or

Pelatihan UP2M hari pertama 20 November 2007

dear all,
dear admin,
dear sis-bro/sir-mam,
sesuai janji… day by day… inilah kisah pelatihan UP2M hari pertama…
=============================
Semua Salam sudah disampaikan
=============================
First of all, semua salam dari pembaca milis sudah saya sampaikan yakni dari :

- Pendeta Otje ==> done, yang membaca senyum2 dan merasa senang

- Bro Ronie Tomasouw ==> spirit Bro Ronnie menular lho..
- Bro Agus Wangkay ==> Pendeta Nelce bingung, kok ik kenal jij… hehe… lha iya laaaaaaaaaahhhhh, trus pendeta samuel kaha juga merasa happy saat gw sebut nama elo… gile lho ya ngetop di kaltim… wangkay gitu locchhhhh…. :)
- Pendeta Meilany ==> sori sis, udah malem, besok aja ya saya sampaikan.., saya sudah bisa membayangkan seperti apa mereka besok membaca pesan2 dari sis pendeta meilany… hehe..
fyi, pendeta meilany benar2 mengirim salam satu persatu diketik rapih, saya sudah print, besok saya sebar..
indah bukan persekutuan itu… saya mah kalo bicara persekutuan dari yang begini2an aja… toh itu juga temasuk tri dharma gereja bukan?
================
Tidak semua hadir
================
FYI, dari rencana 28 pendeta yang diharapkan hadir dalam pelatihan UP2M kali ini, ternyata ada beberapa yang tidak hadir karena satu dan lain hal : hamil, mutasi, menyusui bayi, mendampingi istri yang siap melahirkan, dlsb…
Berikut yang hadir :
1. Pdt. Johanis Kadiwanu
2. Pdt. Samuel Kaha
3. Pdt. Samuel Hutabarat
4. Pdt. Nicodemus B
5. Pdt. Deiby Paath
6. Pdt. John C. Simon

7. Pdt. Liat Sihotang

8. Pdt. Anna L. Saerang

9. Pdt. Megiawaty G.

10. Pdt. Riosario T.

11. Pdt. Ratna L. Sambonu

12. Pdt. Domidoyo R.

13. Pdt. Roberto J. Wagey

14. Pdt. Nelce Y. Alelo

15. Pdt. O.D. Koedoeboen

16. Pdt. Besti Simon P.
17. Pdt. Johannes Nico
18. Pdt. Yeti Manopo
19. Pdt. Chlaudy Sahertian
20. Pdt. Romi Matheus
21. Pdt. Monika V. Molle
22. Pdt. Ronald Rampala
23. Pdt. Yulius Erick Tanabora

================
Pembukaan dengan doa
================

Pelatihan hari pertama ini dibuka dengan doa oleh Pdt. C. Wairata. Lalu dilanjutkan arahan dari Prof. Dr. Tineke Lumintang (istri Ketua 2 PHMJ Zebaoth Bogor).

================
Pemuda Pendamping
================

Suksesnya pelaksanaan UP2M ini tidak terlepas dari peran PEMUDA PENDAMPING. Mereka yang punya skill apapun dilibatkan termasuk DUA MAHASISWA STP (Perikanan) dan ahli komputer dan lain2…

================
Mengenal dari dekat
================

Mencoba mengenal dari dekat para pendeta tersebut di atas, hari ini saya berproses dengan :

1. Pdt. Samuel Kaha
2. Pdt. Samuel Hutabarat

3. Pdt. Deiby Paath
4. Pdt. John C. Simon
5. Pdt. Liat Sihotang
6. Pdt. Anna L. Saerang
7. Pdt. Domidoyo R.
8. Pdt. Nelce Y. Alelo
9. Pdt. O.D. Koedoeboen
10. Pdt. Besti Simon P.
11. Pdt. Yulius Erick Tanabora
Yang lain bukannya gak mau, tetapi mereka sedang SIBUK (benar2 sibuk, bukan datang ke Bogor untuk melancong -red), mereka mempersiapkan materi PAPARAN dalam bentuk POWERPOINT untuk ditampilkan di hari2 berikut.
Puji Tuhan!! Besok dan lusa saya akan mendengar puluhan KISAH PERJUANGAN pendeta2 di berbagai-bagai… Pasti akan saya share pada pembaca sekalian dengan berbagai cara..
Saat mencoba membantu beberapa pendeta dalam proses POWERPOINT sudah merupakan tambahan wawasan tersendiri. Serasa Pos Pelkes yang jauh2 itu dekat di hati…
=========
PW bergilir
=========

Makan siang dan snack dibuat sedemikian bergilir dari 31 sektor di GPIB Zebaoth Bogor. Makan siang kali ini yang saya ingat dari Sektor 8, 9, 10. Snack pagi lain lagi… snack sore lain lagi… Pokoknya PW di berbagai sektor bahu membahu… Dan mereka lakukan dengan PENUH SUKACITA, serasa berada di ‘ANTIOKHIA’

================
Bersama 4 Pendeta
================

Menjelang makan siang beberapa pendeta minta diajak ke WARNET karena mereka harus men-down load beberapa data tentang desa mereka di Pos Pelkes. Fasilitator memang meminta mereka menceritakan “demografi” Pos Pelkes….
Berikut, empat pendeta yang ke warnet…
1. Pdt. Samuel Kaha
2. Pdt. Samuel Hutabarat

3. Pdt. Domidoyo R.
4. Pdt. Yulius Erick Tanabora

Beberapa hal penting ==> Departemen ORKOM GPIB

dear all,
dear admin,
dear sis-bro/sir-mam,
Selasa, 17 November 2997, masuk SMS dari “PESAN KASIH” SMS Renungan GPIB berbunyi :
- Pukul 08.11, isi pesan : “Cinta kasih selalu menjembatani dan berfungsi untuk mempertemukan siapa saja, untuk suatu relasi yang kembali baru dan indah (I Petrus 4 : 8) ==> sms ini masuk tidak berapa lama pelatihan hari pertama UP2M berlangsung

- Pukul 18.14, isi pesan : “Kebahagiaan tidak selalu indentik dengan kekayaan, bahkan kebanyakan uang dapat memperlebar jalan ke berbagai dosa (Amsal 11 : 28) ==> sms ini masuk sesaat menjelang Persiapan Pelayan Firman GPIB Jemaat Zebaoth Bogor dipimpin Pdt. C. Wairata didampingi Pnt. Basar Manullang..
Kedua sms di atas benar2 menjadi teman dalam melakukan aktifitas hari ini. Bahkan, saat persiapan pelayan firman, di mana membahas “berdiam diri” dari Kitab Zefanya, saya utarakan manfaat SMS Pesan Kasih ini..
Lantas apa kaitannya dengan Departemen ORKOM?
Begini…
Senin, 16 November 2007, 19.00-22.30 wib, ruang rapat Majelis Sinode GPIB, Rapat Departemen ORKOM Majelis Sinode GPIB, hadir : (1) Pnt. John Foeh, (2) Pdt. Juliana Tetelepta, (3) Pdt. Ny. Pieritsz, (4) Pnt. Paath, dan seorang penatua lainnya…
Setelah tertunda sekian minggu sejak pertemuan Departemen ORKOM di GPIB Jemaat Bukit Moria DKI, di latar kesibukan Pemilihan Diaken Penatua, maka diadakan Rapat Departemen ORKOM.
Pertemuan berlangsung dalam suasana kekeluargaan, banyak percakapan positif terbangun, banyak hal naik ke permukaan, meminta yang hadir berpikir ke depan semakin serius melaksanakan panggilan dan pengutusan di Departemen ORKOM GPIB.
Semua yang hadir menceritakan progres masing-masing. Dan ada beberapa hal penting yang diminta untuk diinformasikan pada khalayak terkait beberapa hal yang sudah dikerjakan oleh Departemen ORKOM :
=================
1. SMS Pesan Kasih
=================

Di ruang tunggu Majelis Sinode GPIB terpampang ‘digital printing-an” tentang SMS Pesan Kasih GPIB. Saya membaca dan mencoba tekan2 tuts HP. Maka resmilah saya mendapat SMS Pesan Kasih. Sebenarnya sudah baca di milis. Tetapi entah kenapa baru action sekarang…

- cara daftar : ketik REG GPIB RENUNGAN, kirim ke : 9989 (bagi pengguna telkomsel), atau kirim ke : 08111909001
- cara berhenti dan keluar : ketik UNREG GPIB RENUNGAN, kirim ke : 9989 (bagi pengguna telkomsel), atau kirim ke : 08111909001
FYI, hasil dari SMS Pesan Kasih ini akan banyak membantu PROGRAM GPIB. Itu berarti membantu kita semua..
Kalau pembaca tetap kurang sreg (karena kurang sreg adalah hak setiap orang), coba lihat manfaatnya, lihat positifnya. Saya sudah alami dan benar2 mengena, dan SMS Pesan Kasih benar2 menemani pekerjaan dan pelayanan. Kalau tetap kurang sreg… yo wis… byurrrrrrr aja…. gak repot kan?
===================
2. Pemeriksaan PPMJ
===================
- sudah beberapa PPMJ masuk ke Majelis Sinode
- dalam proses diperiksa, untuk kemudian disahkan
- mohon doa dari seluruh warga GPIB agar proses berjalan lancar
Saya attach foto tentang SMS PESAN KASIH. Yang gak bisa lihat foto coba segera mendaftar ke milis fotokita@yahoogroups.com dengan cara kirim email kosong ke : fotokita-subscribe@yahoogroups.com.
maklumi kalau ada salah ketik…
selamat bergabung di SMS Pesan Kasih,
dengan segala hormat mohon mendoakan Departemen ORKOM,
selamat berkarya,
or

Welcome to Zebaoth Bogor ==> 28 pendeta GPIB

dear all,
dear admin,
dear sis-bro/sir-mam,
Melanjutkan informasi awal dari ‘mr. bokap’ di email kemarin, berikut nama-nama 28 pendeta gpib yang akan mengikuti kegiatan UP2M :
1. Pdt. Johanis Kadiwanu ==> stay di sektor : 1
2. Pdt. Samuel Kaha ==> stay di sektor : 2
3. Pdt. Louisa L. Patty ==> stay di sektor : 3
4. Pdt. Samuel Hutabarat ==> stay di sektor : 4
5. Pdt. Debbie Tohatta ==> stay di sektor : 5
6. Pdt. Nicodemus B ==> stay di sektor : 6
7. Pdt. Deiby Paath ==> stay di sektor : 6
8. Pdt. John C. Simon ==> stay di sektor : 8

9. Pdt. Ivan Dinamyka ==> stay di sektor : 9

10. Pdt. Liat Sihotang ==> stay di sektor : 10

11. Pdt. Anna L. Saerang ==> stay di sektor :11

12. Pdt. Megiawaty G. ==> stay di sektor : 12

13. Pdt. Riosario T. ==> stay di sektor : 13

14. Pdt. Wiwik Kembuan ==> stay di sektor : 14

15. Pdt. Ratna L. Sambonu ==> stay di sektor : 15

16. Pdt. Domidoyo R. ==> stay di sektor : 16

17. Pdt. Roberto J. Wagey ==> stay di sektor : 17

18. Pdt. Nelce Y. Alelo ==> stay di sektor : 18

19. Pdt. O.D. Koedoeboen ==> stay di sektor : 19

20. Pdt. Besti Simon P. ==> stay di sektor : 20
21. Pdt. Johannes Nico ==> stay di sektor : 21
22. Pdt. Yeti Manopo ==> stay di sektor : 22
23. Pdt. Chlaudy Sahertian ==> stay di sektor : 23
24. Pdt. Romi Matheus ==> stay di sektor : 24
25. Pdt. Monika V. Molle ==> stay di sektor : 25
26. Pdt. Ronald Rampala ==> stay di sektor : 26
27. Pdt. Marseline Rezok ==> stay di sektor : 27
28. Pdt. Yulius Erick Tanabora ==> stay di sektor : 29
Adakah yang Sis-Bro/Sir-Mam kenal?
Atau… adakah di antara mereka yang pernah membawa kesan tersendiri kehidupan pelayanan Sis-Bro/Sir-Mam?
Ke-28 pendeta di atas akan berada di wilayah GPIB Jemaat Zebaoth Bogor paling tidak selama 2 minggu.
Berikut nama-nama fasilitator yang berkenan membagi ilmu kepada para pendeta tersebut di atas (S2 ke atas) :
1. Ing Sarajar
2. G.A. Wattimena
3. Tineke Mandang
4. Jonson Lumban Gaol
5. Fred Rumawas
6. B. Tambunan
7. Richard Lumintang
8. Yumi Therik
9. Merry Tambunan
10. Sunggul Sinaga
11. Victor Nikijuluw
12. Eko Ananto
MATERI PELATIHAN adalah yang berkenaan dengan dunia :
- Perikanan
- Peternakan
- Pertanian
- Perkebunan
- Pengolahan
- Koperasi
- Potensi Pasar
- Permasalahan Ekspor
- Permodalan sektor Perikanan
- Permodalan sektor Kehutanan
- Permodalan sektor Pertanian
dll..
dll..
Entah mengapa, jadi ingat almamater IPB tercinta…
BTW, bila Tuhan berkenan, saya akan mengikuti seluruh proses selama 2 minggu ke depan. Bisa dibayangkan betapa menyenangkan berproses bersama 40 orang di atas. Pendeta 28 orang, bukan pendeta 12 orang. Belum lagi panitia yang tidak besar, MINI COMMITTEE saja… Tetapi semuanya takut Tuhan.
===================
YANG MAU MENYAPA
===================
Bila ada dari  Sis-Bro/Sir-Mam sekalian yang ingin BERSURAT, TITIP SALAM (tertulis) kepada 28 pendeta di atas, silakan JAPRI ke : rumpaks@…, nanti saya printkan dan sampaikan kepada ybs…

Alkitab = Firman Tuhan vs Alkitab berisi Firman Tuhan

dear all,
dear admin,
dear sis-bro/sir-mam,
mohon pencerahan…
apa ya jawaban bila ada orang bertanya pada kita :
“mana yang benar : Alkitab = Firman Tuhan, atau Alkitab berisi Firman Tuhan?”
kalau sudah pernah dibahas,
maafkan, berarti saya terlewat, dan akan mencari…
bila belum… 
please help,
saya benar2 perlu pencerahan,
or

Fwd: Pelembagaan GPIB jemaat Tiberias ==> juga ke 278

nah lho…
mana nih yang duluan..
bukit benuas balikpapan atau… tiberias sidoarjo..
anyway busway ==> senang menyambut jemaat baru : GPIB Jemaat Tiberias Sidoarjo Jawa Timur..
sekedar meneruskan dari 081334166661@…
silakan yang mau konfirmasi…,
or

6281334166661@… wrote:

Date: Sun, 18 Nov 2007 16:00:19 GMT
From: 6281334166661@…
To: revestehaka@…, rumpaks@…, ferry_wt@…
Subject: Pelembagaan GPIB jemaat Tiberias

Foto2 minggu 18 Nopember 2007 di pelembagaan GPIB jemaat Tiberias Sidoarjo (jemaat ke 278) sekaligus penahbisan gedung grj baru.
MS GPIB yg hadir : Pdt S Kaihattu & Pen Prof John FoEh.
Bung Ferry & Bung Okta, tolong foto2 ini dimskan milist.
Frans Wantah.

Feedback KONAS PGI dan PAUD (Pembinaan Anak Usia Dini)

dear all,
dear admin,
dear sis-bro/sir-mam,
Jumat, 16 November 2007, 16.00-21.00 wib, Ruang Rapat Departemen Perempuan & Anak PGI, evaluasi KONAS dan Rencana Tindak Lanjut.
Hadir :
- MPH PGI : Ibu Frida Manalu (GKPI Pematangsiantar)
- Sekretaris Ekesekutif Departemen Perempuan dan Anak PGI : Pdt. Rosmalia Barus, STh. (GBKP)
- Staf Departemen Perempuan dan Anak PGI : Irawati Bangun (GBKP)
- Fasilitator PERCASMI 2006 : Yulie Lapaan (Torsina DKI), Ruth Tanasale (Harapan Baru Bekasi), Okta Rumpak (Zebaoth Bogor)
- Ketua Dewan PA GPIB yang juga merangkap Koordinator FOPAI (Forum Pelayanan Anak) untuk wilayah DKI, Jabar, Banten, juga Fasilitator PERCASMI 2006
======
Hasil :
======
Satu hal penting yang ditindaklanjuti adalah : PGI segera membentuk Pokja PAUD (Pembinaan Anak Usia Dini). Ditunjuklah ‘seorang’ Koordinator PAUD PGI yang akan segera melakukan sinkorinisai dengan program pemerintah.
PAUD ini juga hasil kesepakatan PGI dengan 7 aras lainnya :
- Bala Keselamatan
- Persekutuan Gereja2 Pentakosta Indonesia (PGPI)
- Adven
- Ortodoks
- dan lainnya..
==========================
Evaluasi KONAS ==> Feedback
==========================
Pertemuan kali ini juga dimaksudkan untuk mengevaluasi KONAS Pelayanan Anak PGI 2007 30 Oktober – 05 November 2007 lalu. Membaca sekilas hasil FEEDBACK, berhasil. Tetapi keberhasilan bukan berdasar FEEDBACK, melainkan apakah hasil KONAS secara serius dilaksanakan oleh gereja2 anggota PGI. Salah satu materi evaluasi adalah FEEDBACK Konas. Lihat Attachment.., moga2 terbaca… Kalau tidak… ya sudah pasrah saja yaa..
fyi, rupanya PAUD yang kini dijadikan program pemerintah besar-besaran mengambil contoh SEKOLAH MINGGU…
percaya atau tidak…
gila ya Robert Raikes itu…
PAUD…
PAUD…
PAUD…,
or

Satu jemaat tidak hadir di raker mupel jabar 2

dear all,
dear admin,
dear sis-bro/sir-mam,
Sabtu, 17 November 2007, Gedung Ibadah GPIB Jemaat Kornelius Cigombong, 08.00-15.30 wib, Rapat Kerja Mupel Jabar 2 – Evaluasi Semester 1.
 
Hadir :
- Utusan GPIB Jemaat Cimanggis Depok (hadir KMJ)
- Utusan GPIB Jemaat Damai Sejahtera Cileungsi
- Utusan GPIB Jemaat Gideon Depok (KMJ hadir)
- Utusan GPIB Jemaat Pancaran Kasih Depok (KMJ hadir)
- Utusan GPIB Jemaat Pelita Hidup Depok (KMJ hadir)
- Utusan GPIB Jemaat Immanuel Depok (KMJ hadir)
- Utusan GPIB Jemaat Shalom Depok (KMJ hadir)
- Utusan GPIB Jemaat Pancoran Rahmat Depok (KMJ hadir)
- Utusan GPIB Jemaat Sola Gratia Bogor (KMJ hadir)
- Utusan GPIB Jemaat Petra Bogor (KMJ hadir)
- Utusan GPIB Jemaat Zebaoth Bogor
- Utusan GPIB Jemaat Nehemia Cibogo
- Utusan GPIB Jemaat Kornelius Cigombong (KMJ hadir)
- Utusan GPIB Jemaat Galilea Pelabuhanratu (KMJ hadir)
- Utusan GPIB Jemaat Pengharapan Cibinong
- BP Mupel Jabar 2 (Ketua, Sekretaris, Bendahara, Bendahara 1, Ketua 2, Ketua 3, Ketua 4)
- BPPM Jabar 2
- Korwil PKLU
- Korwil PKB
- Wakorwil PKB
- Wakorwil PT
- Wakorwil GP
- Korwil PKFP
- Pegawai Kantor Mupel Jabar 2
Nah, ada satu jemaat yang tidak hadir… mari teliti dan menebak…
 
===========
11 KMJ hadir

===========

Raker kali ini dihadiri juga oleh 11 KMJ, lihat data di atas. Lima KMJ tidak hadir karena satu dan lain hal.

==============
sesuai kebutuhan

==============

Kali ini hadir sesuai kebutuhan. Bila dibutuhkan sebagai Korwil PKFP maka berfungsilah sebagai Korwil PKFP hingga Maret 2008. Kalau dibutuhkan sebagai utusan jemaat, maka ganti baju sebagai MJ Zebaoth Bogor. Kali ini datang berdua, bersama K3 PHMJ lama Pnt. Widharto. Kami berdua kompak banget…
==============

63,5% ==> DONE!

==============

Dalam arahan awalnya, Ketua Umum Mupel Jabar 2 : Pdt. Adrie Wangkay (Gideon Depok) menjelaskan bahwa dari 100% kegiatan 2007-2008, sudah terlaksana 63,5% pada semester 1 (april – oktober 2008), itupun diwarna pemilihan penatua diaken. Itu berarti di semester tinggal 36,5% KEJAR SETORAN…
Di waktu mendatang, sang ketum benar2 menekankan DESAIN PROGRAM yang serius dan teliti saat pembuatan program. Bahkan Ketua IV BP Mupel : Pnt. Tommy Sahertian (Pelita Hidup Depok) lebih tajam lagi mengusulkan, agar saat penyusunan program nanti SUDAH PULA MENETAPKAN TANGGAL, agar saat pembuatan program di jemaat sudah dipikirkan TIDAK BENTROK…
BP Mupel akan mengutus 8 (delapan) orang untuk mengikuti TOT di Sekesalam tanggal 14-15 Desember 2007. Delapan utusan itu tidak semua PENDETA. Bisa juga Non Pendeta yang dianggap bisa.

======================

bersama Bro Robby Wekes

======================
Usai Raker, ngobrol banyak dengan Pnt. Robby Wekes (Gideon Depok). Kami berbincang soal Pokja PKFP yang sebaiknya sudah harus ada di jemaat dan cita2 berikut. Jangan pernah bosen ngobrol ya Bro. Sebenernya lebih lengkap kalau ada Bro Chris Wangkay, Bro Budhie Pelupessy… Kapan nih kita kumpul2 lagi…

====================================

Pos Pelayanan Sukabumi butuh PENDETA

====================================
Hadir pada raker kali ini KMJ GPIB Jemaat Galilea Pelabuhanratu : Pdt. Aldo Tumilaar yang sangat bersahaja. Dalam uraiannya, beliau mengatakan bahwa di Pos Pelayanan Sukabumi (wilayah pelayanan Galilea Pelabuhanratu) sangat membutuhkan seorang pendeta. Beliau bahkan mengajak seorang presbiter di Pos Pelayanan Sukabumi untuk menjelaskan perkembangan Pos Sukabumi.
Presbiter dari Sukabumi menjelaskan, saat berkumpul gereja2 se kota SUKABUMI (ada 22 gereja), maka gereja yang tidak ada pendetanya adalah GPIB, dan itu sedikit menurunkan pamor GPIB.
Diberikan contoh oleh sang presbiter pos pelayanan sukabumi, GEREJA TORAJA yang awalnya hanya ada di bawah 10 KK, kini sudah berkembang pesat karena warga merasa PD dengan kehadiran pendeta. Sedang GPIB? Mau tahu? Ya sudah, main2 ya ke Pelabuhanratu, berdialog-lah… Dengarlah, renungkanlah…
KMJ Sola Gratia Bogor : Pdt. Andar Maitimoe benar-benar CONCERN dengan pos pelkes sukabumi ini..
Ada kendala jarak dan komunikasi antara GPIB Galilea Pelabuhanratu sebagai jemaat induk dengan pos pelayanannya yang justru KOTA SUKABUMI…
Mungkin kita perlu merenung… apa sebenarnya rencana Tuhan dengan hal ini…
sukabumi – pelabuhanratu…….
sukabumi – pelabuhanratu…….
sukabumi – pelabuhanratu…….
sukabumi – pelabuhanratu…….
mari kita merenung,
or

From Fien: Jawaban Doa

Syaloomm….

Pada suatu hari seorang kakak sedang membimbing
adiknya belajar.
Tapi tidak seperti biasanya, kali ini adiknya tidak
bisa berkonsentrasi.
Ternyata salah satu kelerengnya hilang.

Tiba – tiba anak itu berkata, “kak, bolehkah aku
berlutut dan meminta Allah untuk menemukan kelerengku
?”

Ketika kakaknya mengizinkan, anak itu lalu berlutut di
dekat kursinya, menutup matanya dan berdoa dengan
sungguh – sungguh.

Selesai berdoa dia bangkit berdiri dan melanjutkan
pelajarannya.

Keesokan harinya, kakaknya yang takut doa adiknya
tidak terjawab, dan dengan demikian akan melemahkan
imannya, dengan khawatir bertanya, “dik, apakah engkau
sudah menemukan kelerengmu ?”

“Tidak, kak” Jawab anak itu, “tetapi Allah telah
membuatku tidak menginginkan kelereng itu lagi.”

Alangkah indahnya iman anak itu. Allah memang tidak
selalu menjawab doa kita menurut kehendak kita, tetapi
jika kita tulus berdoa, Dia akan mengambil keinginan
kita yang bertentangan dengan kehendak-Nya.

Maju terus dalam Tuhan, Tuhan Yesus memberkati saudara
dan seisi rumah, Amin.

Smile

Cicie Mei Hwa